Breaking News
Loading...
Senin, 21 Agustus 2017

PENGANTAR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 2017/2018






PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) SEBAGAI KEGIATAN WAJIB UNTUK MAHASISWA ANGKATAN 2017 FMIPA UNIVERSITAS RIAU


Assalamu’alaikum warramatullahi wabarrakatu … 
Pertama, ijinkan kami menyampaikan ucapan syukur Alhamdullilah atas karunia-Nya yang senantiasa tiada putusnya diberikan kepada kita semua. Kedua, kami mengajak untuk bersalawat kepada qudwah umat, yakni Nabi Muhammad SAW. Semoga setip langkah dan usaha kita senantiasa dalam tuntunan sunnahnya dan memperoleh keberkahan dari Allah ta’ala.

Kepada Mahasiswa Baru FMIPA angkatan 2017, kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung bersama sivitas akademika FMIPA Universitas Riau. Salah satu masyarakat akademis terbaik yang ada di Universitas Riau. Fakultas MIPA telah ada bersamaan dengan berdirinya Universitas Riau pada tahun 1963, saat itu namanya FIPIA (Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam). Seiring berkembangnya zaman, FMIPA telah menjadi fakultas yang sangat aktif di bidang riset. Oleh karena itu, Anda telah tepat memilih Fakultas MIPA sebagai tempat kuliah dan pilihan terbaik untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan riset. 
     
Kepada seluruh sivitas akademika FMIPA, kami ucapkan selamat beraktivitas kembali memasuki semester ganjil 2017/2018. Semoga, pada semester ini kita memperoleh prestasi dan kinerja yang lebih baik dari semester yang telah lalu.
           
Kami ingin mengingatkan dan menyampaikan kepada semua mahasiswa FMIPA, terutama kepada mahasiswa baru angkatan 2017 sekaligus menyampaikan bahwa ada beragam kegiatan mahasiswa yang dapat diikuti selama anda kuliah di Fakultas MIPA Universitas Riau, mulai dari kegitan local kampus hingga level nasional, bahkan internasional. Setidaknya lebih dari 10 kegiatan perlombaan yang disediakan oleh kemenristek dikti, seperti Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES), Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo), National University Debating Championship (NUDC), Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Mahasiwa, Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas), Kontes Robot Indonesia (KRI) dan lain sebagainya (silahkan kunjungi laman http://ristekdikti.go.id dan http://belmawa.ristekdikti.go.id )  
     
Salah satu kegiatan yang mendorong mahasiswa berperan aktif dalam sejumlah kegiatan produktif adalah kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini terbagi dalam 7 bidang, yaitu PKM Penelitian (Eksakta dan Soshum) / PKM-PE/PSH, PKM Kewirausahaan / PKM-K, PKM Pengabdian kepada Masyarakat / PKM-M, PKM Karsa Cipta / PKM-KC, PKM Teknologi / PKM-T, PKM Gagasan Tertulis / PKM-GT dan PKM Artikel Ilmiah / PKM-AI. Lima jenis PKM pertama (PKM-PE/PSH sampai PKM-T), disebut PKM lima bidang, diusulkan mulai awal September sampai awal Oktober tiap tahunnya dan PKM dua terakhir (PKM-GT dan PKM-AI), disebut PKM Karya Tulis (KT), diusulkan Februari-Maret. Pelaksanaan PKM lima bidang diwacanakan terselenggara selama 3-5 bulan, mulai Januari hingga Mei tiap tahunnya. Kriteria PKM ditunjukkan oleh Tabel 1.1. 
     
Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan selayaknya tidak disia-siakan. Bagi mahasiswa yang berminat di bidang riset penyelesaian masalah dan pengembangan (R & D) pengetahuan dan teknologi dapat mengikuti PKM-PE/PSH, PKM-KC dan PKM-T. Catatannya adalah PKM-KC merupakan pembuatan produk kreatif yang berdampak, baik berupa purwarupa maupun produk jadi. Sedangkan PKM-T merupakan implematasi teknologi yang telah ada untuk peningkatan aktivitas dan produktivitas kelompok usaha masyarakat, sehingga PKM-T memerluka mitra kerja. Mahasiwa yang gemar dengan wirausaha dapat mengembangkan usahanya melalui PKM-K. Selanjutnya, bagi mahasiswa yag berjiwa sosial tinggi dan ingin mengaktualisasikan pengetahuannya langsung kepada masyarakat, dapat memilih PKM-M. PKM GT ditujukkan untuk insan mahasiswa yang memiliki gagasan kreatif yang orisinil dan frontier. PKM AI dapat diikuti oleh mahasiswa yang memiliki hasil-hasil riset ataupun laporan akhir dari kegiatan PKM yang telah diikuti, tentunya ditulis dengan kaidah ilmiah yang baku. PKM KT (GT dan AI) hanya diusulkan tanpa ada kegiatan tindak lanjut. Catatan lainnya, bagi pengusul PKM GT yang lolos terdapat dua jenis. Pertama PKM GT yang lolos diberi insentif Rp. 3.000.000 dan diundang ke Pimnas, kuotanya hanya 20 tim. Kedua PKM GT yang lolos namun tidak diundang tampil di Pimnas, hanya diberi insentif Rp. 3.000.000. Pengusul PKM-AI yang dinyatakan lolos hanya memperoleh insentif Rp. 3.000.000. Jadi, kegiatan PKM ini sangat komplit dan sayang untuk dilewatkan.

       
Kegiatan PKM merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang berkelanjutan. Kegiatan ini diawali dengan pengusulan proposal PKM oleh mahasiswa, selanjutnya proposal tersebut dikirim secara daring (online) ke si belmawa ristekdikti. Apabila proposal itu memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, maka pelaksanaan kegiatan dalam proposal PKM akan didanai oleh Kemenristekdikti hingga Rp. 12.500.000,-. Sebagai contoh, pada tahun 2016 lalu, untuk pertama kalinya, proposal PKM dari Unversitas Riau yang berhasil diunggah ke laman simbelmawa ristekdikti berhasil menembus 1026* Proposal. Kemudian 96 diantara dinyatakan lolos untuk didanai. Kabar terakhirnya, sebanyak 8 tim PKM Universits Riau berhasil bersaing untuk mengikuit Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) Ke-30 di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makasar pada 23-28 Agustus 2017. 
           
Oleh karena itu, dengan semangat untuk menggerakan dan membumingkan penyelenggaraan PKM di tahun 2017 agar lebih baik dan berkelanjutan, maka Pihak Fakultas MIPA bersama bersama kelembagaan di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Riau, terutama Hima dan BEM, merancang program PKM wajib bagi mahasiswa baru (Maba) angkatan 2017. Melalui sinergitas ini diharapkan proposal PKM yang dihasilkan dari FMIPA akan mencapai setidaknya 250 buah. Untuk kelancaran kegiatan ini tim peggerak PKM telah dibentuk yang terdiri atas tim Dosen Pendamping yang direpresentasikan oleh tim DPOK Jurusan, Tim Reviewer Internal, Tim Kakak Pembimbing, Koordinator Hima dan Koordinator Fakultas. Pihak Fakultas juga telah menetapkan setiap mahasiswa yang menerima beasiswa untuk membuat satu proposal PKM, dimana anggota timnya adalah Maba angkatan 2017. Ada setidaknya 300-an mahasiswa penerima beasiswa dari FMIPA. Kami telah merancang, sebagaimana yang tercantum dalam daftar rekapitulasi tim PKM FMIPA 2017, ada 252 tim yang telah dibentuk. Kami meminta kerjasama sauadara/i untuk mengkonfirmasi kesedian dan turut serta menyukseskan agenda ini. 
       
Ada banyak manfaat berkesinambungan (multiple effects) yang akan diperoleh apabila program ini terealisasi. Hal ini juga sejalan dengn prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pertama, menumbuhkan budaya penelitan yang kompentitif. Bagi saudara/i yang mengambil PKM-PE/PSH, Anda akan memperoleh bantuan dana riset, terlebih lagi bagi masiswa yang sedang penelitian Tugas Akhir. Kedua, menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan. Para peserta PKM-K dituntut utuk memperoleh profit sebesar-besarnya, namun tetap memperhatikan etika usaha yang baik. Ketiga, PKM-M menuntut penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama di bangku kuliah atau pendidikan pada lingkungan masyarakat. Sehingga, dengan mengikuti PKM-M diharapakan para mahasiswa memiliki kepedulian pada perbaikan kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik dan tentunya menambah jaringan persaudaraan yang lebih luas. Bagi pihak Perguruan Tinggi, kesukseskan kegiatan PKM menjadi parameter penilaian prestasi di bidang kemahasiswaannya yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi tersebut. Peningkatan kegiatan PKM tentunya berdampak baik pada visi Universitas Riau yang berhajat meraih Akreditasi A di tahun 2018. Sebagai informasi, pada tahun 2015, nilai komponen kemahasiswaan Universitas Riau hanya mencapai 0.1 dari 4.00 poin maksimal (secara rata-rata peringkat 20 dengan rincian kualitas SDM: 3.59, kualitas manajemen: 3.0, kualitas kegiatan mahasiswa: 0.1 dan kualitas penelitian & publikasi: 1.6).

               Sebagai penutup, kami menyampaikan harapan besar pada suksesi kegiatan PKM wajib bagi Maba 2017 dan tentunya kerjasama dan kontribusi semua pihak sangat kami apresiasi. Kiranya semua tim dan lini gerak bersinergi saling membantu dan bekerja dengan maksimal. 


    Terimakasih                  



Tim Penggerak PKM FMIPA UR

2 Like:

  1. Assalamualaikum, dan selamat pagi saudara, saya mau tanya,saya termasuk kedalam penerima beasiswa di lingkungan kampus FMIPA, tapi nama saya tidak ada di data tim PKM.Jadi, apakah saya tidak termasuk sebagai tim untuk PKM bersama maba 2017 diatas? Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, untuk yang tidak terdaftar bisa dengan mengirimkan identitas nama, nim, dan jurusan ke akun kami, atau bisa membuat tim PKM sendiri lalu kemudian mengisi form yang telah kami sediakan

      Hapus

 
Toggle Footer